Kerja Sambil Kuliah

Saya seorang mahasiswa yang kebingungan menomor satukan antara memperdalam ilmu kuliah atau bisnis. Saya ingin keduanya berjalan bersamaan tanpa saling mengganggu dan menghancurkan. Bagaimana caranya agar keduanya berjalan seirama dan menuju kesuksesan?

Mohon saran dari Pak Andrew. Terima kasih.

 

Saya seorang mahasiswa yang sedang kebingungan menentukan antara memperdalam ilmu kuliah atau bisnis. Saya ingin keduanya berjalan bersamaan tanpa saling mengganggu dan menghancurkan. Bagaimana solusinya Pak Andrew agar semuanya bisa berjalan seirama dan menuju kesuksesan?

Mohon saran dari Bapak Andrew, Terima kasih.

  Aji Muhammad Nur 

 

Bapak Aji Muhammad Nur dan pembaca yang budiman yang mungkin berpendapat sama, bahwa manfaat dari menjalankan bisnis bagi mahasiswa itu besar sekali. Walaupun ada juga yang berpendapat berbeda, tetapi alangkah bagusnya apabila di usia yang muda Anda merintis suatu bisnis yang akan membawa Anda menuju kesuksesan dikemudian hari. Apalagi jika bisnis yang Anda inginkan tersebut memiliki prospek untuk mendapatkan profit yang besar dan menjanjikan. Sehingga dengan hasil kerja dari bisnis tersebut Bapak Aji dapat meringankan beban orang tua, dapat membiayai kuliah dan sekolah adik, dan bisa sebagai awal kesuksesan Anda.

Tentu saja bukanlah hal yang mudah untuk menjalani dua bidang kehidupan yang berbeda pada waktu yang sama. Dibutuhkan komitmen yang tinggi untuk dapat menjalani keduanya secara bersamaan dan tetap memberikan hasil yang baik. Ada beberapa saran – saran berikut ini, antara lain :

Pertama,

pilihlah untuk berkuliah di kampus yang menyediakan kelas di malam hari, karena kalau mengambil kelas reguler di pagi hari, sulit sekali untuk diselingi kerja. Biasanya, hanya bisa kerja part time dan mungkin hasilnya tidak seberapa. Jadi jika mengambil kelas malam, maka  bisa kerja full time dan tetap bisa menimba ilmu di kampus.

Kedua,

milikilah Time Management yang baik dan berusaha untuk tetap fokus dalam menjalani peran keduanya sehingga tugas belajar di kampus bisa diselesaikan tanpa harus membawa tugas pekerjaan ke kampus ataupun sebaliknya.

Ketiga,

jangan pernah menunda pekerjaan, baik tugas kampus maupun tugas pekerjaan  dengan alasan bisa dikerjakan dilain waktu. Sesibuk apapun kita, sediakan waktu sekitar 1 atau 2 jam untuk mengerjakan tugas kuliah di rumah. Kalau sedang di kantor atau sedang menjalankan bisnis, maka bekerjalah dengan sungguh-sungguh dan menghindari mengerjakan tugas-tugas kampus di tempat kerja. Karena selain tidak profesional, hasilnya juga tidak akan maksimal. Kecuali ketika kita sedang mengerjakan kerja praktek atau tugas akhir dengan kasus di tempat kerja atau di bisnis kita. Di samping Anda sedang mengerjakan tugas akhir, secara bersamaan Anda juga mencoba memberi solusi dan perbaikan terhadap permasalahan di tempat kerja atau dalam bisnis yang sedang berjalan.

Keempat,

pilihlah kampus yang berkualitas, yang memiliki kurikulum serta sistem pembelajaran yang cukup fleksibel dan memahami kondisi mahasiswa yang bekerja. Misalnya tersedianya teknologi pembelajaran yang memungkinkan mahasiswa cukup fleksibel dalam mendapat materi dan mengikuti proses pembelajaran walaupun suatu ketika berhalangan hadir. Misalnya tersedia modul-modul pembelajaran e-learning, web based teaching dan lain-lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X