Mengatur Keuangan Dengan Lebih Baik

Solusi Mengatur Keuangan Dengan Baik | Andrew Nugraha - Motivator Indonesia - Motivator Makassar

Solusi Mengatur Keuangan Dengan Baik | Andrew Nugraha - Motivator Indonesia - Motivator Makassar

Saya bekerja sebagai karyawan swasta dengan gaji standar. Terkadang gaji tersebut tidak cukup untuk sebulan. Mohon sarannya pak, gimana agar saya dapat mengatur anggaran pribadi saya dengan tepat? Mohon saran Bapak Andrew Nugraha. Terima kasih.

– Dina

 

Salam Spektakuler!!!

Ibu Dina dan pembaca yang budiman, jika anda tidak pandai-panda mengatur keuangan anda, maka berapapun gaji anda tidak akan pernah cukup. Berikut ini saran dari saya untuk mengatur keuangan lebih baik :

Pertama

Buatlah perencanaan untuk sebulan kedepan. Kita perlu membuat rencana penggunaan keuangan. Dalam sebulan, uang Anda akan dibelanjakan untuk hal-hal apa saja? Pisahkanlah antara hal yang harus Anda beli dengan yang tidak harus Anda beli. Pisahkanlah antara keinginan dan kebutuhan.

Kedua,

Sedapat mungkin jangan ada pengeluaran yang mendadak. Jika Anda bisa konsisten dengan Rencana Penggunaan Keuangan Anda, maka tentunya keuangan Anda bisa diatur dengan lebih baik.

Ketiga,

Sisihkan sebagian dari pemasukan anda. Anda juga perlu menyisihkan 10% – 20% dari pengeluaran Anda untuk ditabung, entahkah dalam bentuk tabungan di bank atau juga dalam bentuk asuransi ataukah dalam bentuk tabungan lainnya. Jika Anda menabung secara teratur, maka tentunya jika terjadi sesuatu, Anda akan mempunyai cadangan dana yang bisa digunakan.

 

Semoga hal ini bisa memberi inspirasi buat kesuksesan buat kita bersama dan orang-orang di sekitar kita.

Artikel ini juga bisa Anda baca di Harian Tribun Timur Makassar, Harian Tribun Jogja & Harian Tribun Pontianak. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar karir, bisnis dan keuangan kirimkan pertanyaan Anda melalui email ke tanya@andrewnugraha.com

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *